About

Author

The Author

Suhartono Chandra adalah nama yang diberikan oleh orangtuanya. Lahir dan tinggal di Jakarta sejak kecil hingga lulus SMP. Masa SMA dihabiskan di Jawa Tengah, yaitu di kota Solo dan Kudus. Setelah lulus SMA, kembali ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Tarumanagara Jakarta. Lulus sebagai insinyur Teknik Sipil. Namun, hingga saat ini tidak pernah berkarir di bidang yang terkait dengan Teknik Sipil. Saat masih kuliah ia malah mengawali karirnya di dunia pendidikan sebagai guru mata pelajaran Fisika dan Matematika untuk tingkat SMP dan SMA di sebuah sekolah swasta di Jakarta selama lima tahun. Dua tahun terakhir, selain mengajar ia juga merangkap tugas sebagai Wakil Kepala Sekolah.

Setelah meninggalkan dunia pendidikan ia mulai berkarir sebagai Sales Engineer di tahun 1991. Selama tiga belas tahun sejak itu, ia mendapat kesempatan bertumbuh di berbagai posisi. Mulai dari bidang training, pengembangan sumber daya manusia, sales, dan pemasaran. Wawasannya berkembang lebih luas saat mendapat kesempatan mengikuti training-training di luar negeri, antara lain ke Singapura, Penang-Malaysia, Manila-Filipina, Tokyo, dan juga perjalanan dinas ke beberapa negara lain.

Jenjang S2 diselesaikan pada tahun 2004, belasan tahun setelah menimba pengalaman sebagai praktisi, di almamater Universitas Tarumanagara di Jakarta. Sesuai dengan pengalamannya sebagai praktisi selama belasan tahun, ia mengambil program Magister Manajemen, dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran.

Tidak lama setelah lulus S2 di tahun 2004, ia berpindah jalur dari dunia praktisi ke dunia konsultan, bergabung dengan salah satu perusahaan konsultan pemasaran terkemuka di Indonesia, yaitu Frontier Consulting Group sebagai Partner Consultant. Sebagai konsultan pemasaran dan riset pemasaran serta senior trainer, klien yang ditangani mencakup berbagai bidang industri, antara lain; industri semen, telekomunikasi, knock-down furniture, developer, perbankan, minyak dan gas, klinik kecantikan, toko ritel berlian, dan lain-lain. Pada 2016, setelah memiliki pengalaman sebagai pendidik, praktisi, dan konsultan pemasaran ia mendirikan perusahaan konsultan pemasaran Paramount Consulting. Klien yang ditangani juga beragam, mulai dari produsen ingredient berbasis kacang-kacangan, produsen perhiasan emas, hingga sebuah kampus swasta besar di Jakarta.

Ia pernah bertanya kepada almarhum ayahnya, apa arti nama Suhartono Chandra. Ayahnya hanya menggelengkan kepala tanda tidak tahu, karena yang memberikan nama itu adalah sahabat almarhum. Suatu ketika semasa SMA, Si Oom pemilik rumah tempat ia indekost mencoba mengartikan nama Suhartono Chandra. Menurut Si Oom, su artinya baik dalam bahasa sansekerta. Hartono terdiri atas harto dan ono, yang dalam bahasa Jawa artinya memiliki kekayaan. Jadi suhartono artinya memiliki kekayaan yang baik. Chandra artinya bulan. Bulan, tidak memiliki sinar. Tetapi, bulan memantulkan sinar yang dia terima dari matahari. Singkatnya, orang yang memiliki nama Suhartono Chandra adalah orang yang memiliki harta yang baik, yaitu ilmu. Dan seperti bulan, ia akan memantulkan ilmu yang didapatnya ke semua orang, demikian penjelasannya Si Oom. Ia tidak tahu apakah sahabat ayahnya memiliki logika berpikir seperti itu. Yang pasti, sejak SMA ia memang suka mengajarkan apa yang diketahuinya kepada teman-teman sekolah, khususnya jika terkait dengan mata pelajaran Fisika dan Matematika. Demikian juga ia benar-benar menikmati waktu-waktu saat berdiri di depan kelas mengajar murid-murid SMP/SMA ataupun ketika memberikan training kepada tim penjualannya maupun di tempat klien saat ini.

.

Itulah alasan ia pada tahun 2016 membagikan sebagian waktunya mengabdi di Universitas Tarumanagara sebagai dosen di Fakultas Ekonomi. Mata kuliah yang diampunya meliputi Manajemen Pemasaran, Pemasaran Digital, E-Business & E-Commerce, dan Manajemen Pengembangan Produk dan Inovasi. Selain itu, ia juga aktif di organisasi profesi not-for-profit Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA INDONESIA), yang berdiri pada 1989 dan saat ini ada di 17 kota dengan jumlah anggota sekitar 3000, sebagai Presiden.

Menulis merupakan salah satu kesenangannya yang berhenti sejak lulus SMA. Akhir tahun 2011, ia merasakan desakan yang keras dalam dirinya untuk mulai kembali menulis dan berbagi pikiran-pikiran positif ke banyak orang. Tepatnya 19 Nopember 2011, artikel pertamanya muncul di blog pribadinya yang diberi nama “Sang Pemenang”. Tujuan tulisan-tulisan dalam blog Sang Pemenang adalah menyebarkan virus pikiran-pikiran positif yang ia harapkan dapat memberikan inspirasi-inspirasi, yang dibutuhkan Sang Pemenang dalam menyusuri rute-rute perjalanan kesuksesan. Artikel-artikel Sang Pemenang adalah cerita-cerita tentang apa, siapa, mengapa, dan bagaimana menjadi sosok Sang Pemenang. Sang Pemenang adalah mereka yang terus bergerak maju mengatasi tantangan dan kesulitan dalam proses suatu pencapaian.

Dalam perjalanan blog tersebut, pikirannya terus bergerak liar. Ide dan gagasan menulis sering muncul saat mengamati banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Agar kepekaannya terus terlatih, maka selain blog Sang Pemenang, ia juga membuat blog The Sparrow dan The Sparks di dalam website ini untuk menampung pandangan-pandangannya sebagai respon terhadap hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap artikel-artikel dalam The Sparks dapat memercikkan bunga api yang memicu ide-ide Anda.

Saat ini ia tinggal di Lippo Village di Karawaci, Banten bersama istri dan ketiga anak-anaknya. Selamat menikmati tulisan-tulisan dalam website ini. Jika ada kritik & saran jangan sungkan untuk mengirimnya langsung ke suhartono@suhartonochandra.com atau pada kotak komentar yang tersedia di setiap artikel.

Salam Pemenang!
Suhartono Chandra