Background Patterns:
Color Presets:
Custom Color Picker:
Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving - Albert Einstein

The Author

The Author

100_7401edited.jpgSuhartono Chandra adalah nama yang diberikan oleh orangtua saya. Saya besar di Jakarta, sejak kecil hingga lulus SMP. Masa SMA dihabiskan di Jawa Tengah, yaitu di kota Solo dan Kudus. Setelah lulus SMA, saya kembali ke Jakarta hingga saat ini. Jenjang pendidikan S-1 saya selesaikan di Universitas Tarumanagara Jakarta. Lulus sebagai insinyur Teknik Sipil. Namun, hingga saat ini saya tidak pernah berkarir di bidang yang terkait dengan Teknik Sipil, baik di perusahaan kontraktor, perusahaan konsultan struktur, ataupun perusahaan pengembang. Saya malah mengawali karir saya di dunia pendidikan sebagai guru mata pelajaran Fisika dan Matematika untuk tingkat SMP dan SMA di sebuah sekolah swasta di Jakarta selama lima tahun. Dua tahun terakhir, selain mengajar saya mendapat kepercayaan merangkap tugas sebagai Wakil Kepala Sekolah.

DSCF3041.JPGSaya meninggalkan dunia pendidikan untuk memulai karir sebagai Sales Engineer di tahun 1991. Selama tiga belas tahun sejak itu, saya mendapat kesempatan bertumbuh di berbagai posisi, mulai dari bidang training, pengembangan sumber daya manusia, sales, dan pemasaran. Saya merasa beruntung, karena selain karir yang bertumbuh, saya juga mendapat kesempatan mengikuti training-training di luar negeri, antara lain ke Singapura, Penang-Malaysia, Manila-Filipina, Tokyo, dan juga perjalanan dinas ke beberapa negara lain sehingga wawasan saya juga ikut berkembang.

Jenjang S-2 saya selesaikan pada tahun 2004, belasan tahun setelah menimba pengalaman sebagai praktisi, juga di almamater Universitas Tarumanagara di Jakarta. Sesuai dengan pengalaman kerja saya selama belasan tahun, saya mengambil program Magister Manajemen, dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran.

IMACMostsustainable2010.jpgTidak lama setelah lulus S-2 di tahun 2004, saya berpindah jalur dari dunia praktisi ke dunia konsultan, bergabung dengan salah satu perusahaan konsultan pemasaran terkemuka di Indonesia, yaitu Frontier Consulting Group sebagai Partner Consultant. Sebagai konsultan pemasaran dan riset pemasaran, klien yang saya tangani mencakup berbagai bidang industri, antara lain; industri semen, telekomunikasi, knock-down furniture, developer, perbankan, minyak dan gas, klinik kecantikan, toko ritel berlian, dan lain-lain.

100_6664.jpgDulu saya pernah bertanya kepada almarhum ayah saya, apa arti nama Suhartono Chandra yang dia berikan. Dia hanya menggelengkan kepala tanda tidak tahu, karena yang memberikan nama itu adalah sahabat almarhum. Jadi kalau saya ditanya, saya hanya menjawab ringan bahwa nama Suhartono adalah gabungan dari nama dua orang pertama yang menjadi Presiden RI, yaitu Soeharto dan Soekarno. Sedangkan Chandra adalah nama keluarga. Suatu ketika semasa SMA, pemilik rumah tempat saya indekost mencoba mengartikan nama saya. Dia bilang, “su artinya baik dalam bahasa sansekerta. Hartono terdiri atas harto dan ono, yang dalam bahasa Jawa artinya memiliki kekayaan. Jadi suhartono artinya memiliki kekayaan yang baik”, jelasnya. “Lalu, apa arti chandra?”, tanya saya lebih lanjut. Si oom menjelaskan, “Dalam bahasa sansekerta chandra artinya bulan. Bulan, tidak memiliki sinar. Tidak seperti matahari yang memancarkan sinar. Tetapi, bulan memantulkan sinar yang dia terima dari matahari”, jelasnya lebih lanjut. “Singkatnya, orang yang memiliki nama Suhartono Chandra adalah orang yang memiliki harta yang baik, yaitu ilmu. Dan seperti bulan, dia akan memantulkan ilmu yang didapatnya ke semua orang”, demikian si oom menutup penjelasannya. Saya tidak tahu apakah sahabat ayah saya memiliki logika berpikir seperti itu. Yang pasti, sejak SMA saya memang suka mengajarkan apa yang saya ketahui kepada teman-teman sekolah, khususnya jika terkait dengan mata pelajaran Fisika dan Matematika. Demikian juga saya benar-benar menikmati waktu-waktu saat berdiri di depan kelas mengajar murid-murid SMP/SMA ataupun ketika memberikan training kepada tim penjualan saya maupun di tempat klien saat ini.

IMG-20110928-00116.jpgMenulis merupakan salah satu kesenangan saya yang berhenti sejak lulus SMA. Akhir tahun 2011, saya merasakan desakan yang keras dalam diri saya untuk mulai kembali menulis dan berbagi pikiran-pikiran positif ke banyak orang. Tepatnya 19 Nopember 2011, artikel saya muncul pertama kali melalui blog yang saya beri nama “Sang Pemenang”. Tujuan tulisan-tulisan dalam blog Sang Pemenang adalah menyebarkan virus pikiran-pikiran positif yang saya harapkan dapat memberikan inspirasi-inspirasi, yang dibutuhkan Sang Pemenang dalam menyusuri rute-rute perjalanan kesuksesannya. Artikel-artikel Sang Pemenang adalah cerita-cerita tentang apa, siapa, mengapa, dan bagaimana menjadi sosok Sang Pemenang. Siapakah Sang Pemenang itu? Sang Pemenang adalah mereka yang terus bergerak maju mengatasi tantangan dan kesulitan dalam proses suatu pencapaian. Sang Pemenang adalah Anda dan saya, kita semua.

D100_6303.jpgalam perjalanan blog ini, pikiran saya terus bergerak liar. Ide dan gagasan menulis sering muncul saat mengamati banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Agar kepekaan saya terus terlatih, maka selain blog Sang Pemenang, saya juga membuat blog The Sparrow dan The Sparks dalam website ini untuk menampung pandangan-pandangan saya sebagai respon terhadap hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap artikel-artikel dalam The Sparks dapat memercikkan bunga api yang memicu ide-ide Anda.

Bagi Anda yang ingin berbagi pandangan melalui artikel tulisan Anda sendiri, saya menyediakan ruang di blog The Sparrow. Anda d100_7406edited.jpgapat mengirimkan artikel ke email suhartono@suhartonochandra.com. Nantinya, artikel Anda akan saya posting ke blog The Sparrow atas nama Anda. Isi artikel di luar tanggung jawab saya sebagai pemilik website. Dengan kata lain isi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.
Saat ini saya tinggal di Lippo Village di Karawaci, Banten bersama istri dan ketiga anak-anak saya. Anda dapat terkoneksi dengan saya melalui Facebook, Twitter, dan LinkIn dengan mengklik ikon di bagian kiri atas laman utama website ini.
Selamat menikmati tulisan-tulisan dalam website ini. Jika ada kritik dan saran jangan sungkan untuk mengirimnya langsung ke email suhartono@suhartonochandra.com atau pada kotak komentar yang tersedia di setiap artikel.

Salam Pemenang!
Suhartono Chandra          

               

 

Quotes

"In the end, it's not the years in your life counts. It's the life in your years" (Abraham Lincoln)

"Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow" (Albert Einstein)

"Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever" (Mahatma Gandhi)



Latest Post
  • Blog Post

    Kecerdasan Bukanlah Satu-satunya Faktor Penentu Kesuksesan
    Read More
  • Blog Post

    Kegaduhan Taxi Ferrari dan Porsche di Jakarta...
    Read More
  • Blog Post

    Warga Jakarta Rindu Jakarta Baru?
    Read More

Contact Me
How To Contact Me

Email: suhartono@suhartonochandra.com


© Copyright 2012 by Suhartono Chandra | Powered by ValerieWebDesign World-class Quotes HomeSang PemenangThe Sparrow The Sparks Contact